Sabtu, 18 Juli 2009

Kerja keras untuk Surga

Hari ini sangat terasa sekali keagungan Allah SWT melalui berbagai fenomena yang terjadi. Entah saya yang ge'er atau bagaimana, dunia terasa terang benderang, tiada beban dalam hidup ini. Bahagia. Saya baca beberapa informasi mengenai keadaan sosial - ekonomi di lingkungan sekitar. Banyak kejadian yang menurut saya bernada sama. Kriminal, depresi rumah tangga, hiruk pikuk bisnis, dan lain sebagainya. Saya bandingkan dengan zaman-zaman yang telah berlalu melalui beberapa literatur, ternyata masalah manusia sama saja. Ketamakan, ketakutan, keserakahan, dll selalu mengintai hidup kita. Tentunya semua orang juga tahu bahwa kita sendirilah yang menghadirkan masalah itu. Kita sendiri yang mengundangnya dari pikiran-pikiran yang dipenuhi rasa takut, serakah, dll. Sehingga semakin komplexlah keadaan sosial kita sekarang. Memang sangat benar sabda Rosulullah SAW yang mengisyaratkan bahwa untuk menjaga keselamatan kita harus berpegang teguh kepada Al-Qur'an dan Sunnah. Ini sangat terasa benar melalui pengalaman spiritual yang saya alami. Beberapa kejadian yang terjadi di sekeliling saya dimaknai melalui sudut pandang Islam. Memang berbeda. Beberapa sumber menyebutkan bahwa sekarang kita telah memasuki era spiritual dimana pencarian manusia akan jati dirinya dan kebahagiaan telah mulai digapai. Memang banyak sekali pelatihan menuju kebahagiaan atau kepuasan spiritual ini, tapi yang paling penting setelah melalui pelatihan itu adalah berusaha menghadirkan suasana tersebut dalam keseharian. Ini merupakan perjuangan yang tidak ringan. Ibarat orang membangun kekayaan yang memerlukan kerja keras. Ini pun memerlukan komitmen kita. Pantas saja ustadz saya bilang bahwa untuk mencapai surga harus melalui rintangan yang sangat keras (penuh dengan duri, jalan yang sepi). Ternyata bagi saya sekarang itu semuanya masuk akal. Untuk menghadirkan kebahagiaan di dunia pun harus kerja keras & cerdas. Apalagi dengan surga Allah SWT nanti?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar